Rabu, 27 Maret 2013

cara mudah untuk menghilangkan stres






apa sih stres itu ?
stres bisa dikatakan keadaan lelah pada otak yang disebabkan terlalu beratnya kerja otak sehingga membuat seseorang kurang nyaman dengan keadaan tersebut, stres bisa menyebabkan kurangya semangat kerja, sulit berfikir, konsentrasi berkurang.

apapenyebab stres?
Umumnya penyebab stress adalah suatu keinginan yang tidak terpenuhi atau suatu keinginan khawatir apabila tidak terpenuhi. Suatu perasaan /emosional yang memicu metabolisme tubuh untuk bekerja yang secara alamiah normal, tetapi bila metabolisme ini sering terjadi dapat menyebabkan over load/ kerja yang berlebihan yang selajutnya dapat mempengaruhi metabolisme yang lain menjadi tidak normal lagi.

 bagaimana cara atau tips menghilangkan stres?
  
1. Sholat 






sholat adalah melakukan beberapa gerakan dengan membaca beberapa doa. dalam gerakan sholat di haruska tum'ninah, percaya atau tidak dengan melakukan gerakan secara tuma'ninah dan berkonsentrasi penuh membaca doa akan merileks-kan saraf - saraf otak yang tegang (yang menyebabkan stres) sehingga secara tidak langsung akan menghilangkan stress


2. Membaca al-qur'an

 Sama halnya dengan sholat, membaca al-qur'an juga akan menjadikan saraf saraf yang menegang menjadi rileks, dengan membaca al qur'an akan menimbulkan ketenangan jiwa. Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, disebutkan, Alquran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang men dengarkannya.

3. Liburan atau refreshing

 

Mungkin inilah yang paling sering dilakuka oleh banyak orang, yah namanya juga Refresh, tentunya tujuan utama dari kegiatan ini adalah menyegarkan kembali fikiran, jiwa dan raga, tapi jangan sampai salah memilih liburan yang menyebabkan bertambahnya stres, pilihlah liburan yang benar benar cocok agar otot - otot dan saraf bisa istirahat setelah bekerja keras.

 

4. Yoga


Yoga memiliki manfaat mengurangi stres. Saat berkonsentrasi, masalah sehari-hari, baik besar maupun kecil, akan mencair sehingga Anda akan terbebas dar tekanan stres.
Konsentrasi bisa menjadi sarana relaksasi pikiran yang sangat dibutuhkan oleh pikiran yang sedang stres.
teknik meditasi pada yoga akan bisa menenangkan pikiran

5. Mendengarkan musik

 mendengarkan musik sangat mengasikkan, tentunya ini adalah asumsi setiap orang.
ada sebuah riset dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan hampir sepertiga orang  mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.


6. Joget 

Selain dapat menurunkan ketegangan otot dan pikiran, berjoget juga dapat melancarkan aliran darah di tubuh dan dapat menghindarkan dari penyakit stroke, sakit jantung, dan diabetes.
Dengan melakukan gerakan yang merelaksasikan tubuh bisa menghilangkan stres, hal ini banyak dilakukan beberapa orang yang berusaha menghilangkan kejenuhan dengan berjoget, tentu saja akan lebih menyenangkan dengan di iringi sebuah musik yang cocok.

7. Bercanda 

cobalah meninggalkan pekerjaan anda yang membuat stres dan bercandalah dengan keluarga, meski hanya sebentar, bercanda akan secara cepat merileks-kan saraf otak karena tertawa lepas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
entri populer